icon jadwalsidang      perkara diterima           perkara-diputus       keuangan perakra             infoperkara1

 

 

Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Batang, Media Informasi dan Transparansi Peradilan Agama, Telp: (0285) 391169 Batang, Email:pa.batang@yahoo.co.id, Kawasan Bebas Gratifikasi

thumbnail1

Cukup banyaknya kasus sengketa anak di luar nikah, membuat perlunya tes DNA di terapkan secara legal. staf Kementrian Hukum dan HAM, setyowati dalam seminar nasional status anak luar nikah dak hak-hak keperdataannya menyatakan tes dna merupakan salah satu metode mempertegas hak anak luar nikah agar secara hukum dapat diakui keberadaannya. secara hukum memang tidak ada istilah anak hasil zina, karena yang ada hanya anak di luar nikah. meski demikian, anak luar nikah bisa saja kehilangan hak-hak keperdataan dan tidak bisa menggunakan nama keluarga sebelum ada konsekuensi hukum dilakukan.


(test DNA)


Selain itu, status anak di luar nikah biasanya membawa dampak psikologis bagi si anak. implikasi lainnya adalah hak atas pewarisan ayah biologis harus diperhitungkan atau tidak sama dengan anak sah hasil perkawinan.

 

 

Ketua Pengadilan Tinggi Agama semarang, menyatakan masyarakat harus memahami lebih dulu UU Perkawinan No 1 tahun 1974. karena ada perbedaan penger tian hukum antara anak luar nikah dengan tanpa nikah. dengan demikian, nantinya akan muncul implikasi yakni ada anak yang sah secara materiil tapi tidak sah secara formil. selain itu juga ada anak yang tidak sah secara materiil juga tidak sah secara formil. selain tes DNA, ada juga metode lain dengan Isbat Nikah di pengadilan agama.

Tentang Test DNA klik disini.