icon jadwalsidang      perkara diterima           perkara-diputus       keuangan perakra             infoperkara1

 

 

Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Batang, Media Informasi dan Transparansi Peradilan Agama, Telp: (0285) 391169 Batang, Email:pa.batang@yahoo.co.id, Kawasan Bebas Gratifikasi

thumbnail1

Hatta Ali Terpilih Jadi Ketua MA

Hanya melalui satu putaran, M Hatta Ali memenangkan pemilihan Ketua Mahkamah Agung yang baru menggantikan Harifin Andi Tumpa.

Ketua Muda bidang Pengawasan sekaligus Juru Bicara MA tersebut mendapatkan 28 suara atau lebih dari 50% suara 54 hakim agung yang ikut memilih.

Sementara calon lain Ahmad Kamil hanya memperoleh 15 suara, Abdul Kadir Mappong 4 suara, Muhammad Saleh 3 suara, dan Paulus E Lotulung 1 suara. Sedangkan 3 suara dinyatakan tidak sah dalam pemilihan yang berlangsung di Gedung MA Jakarta, Rabu (8/2) pagi tersebut.

Hatta Ali akan menggantikan Harifin sebagai Ketua MA per 1 Maret 2012 mendatang. Hatta yang saat ini berusia 62 tahun akan menduduki jabatan ketua hingga lima tahun ke depan. Namun dalam draft revisi UU MA, usia Ketua MA hanya dibatasi hingga 65 tahun.

Menurut Hatta dalam sambutannya, skala prioritas yang perlu ia tonjolkan adalah sorotan-sorotan dari masyarakat yang memang selama ini sudah jalan sebenarnya, tapi ada yang masih dalam perjalanan. Terutama masalah pelayanan kepada masyarakat dan kecepatan penyelesaian perkara.

"Dan rasa keadilan yang masih dirasakan sebagian masyarakat belum sepenuhnya mencerminkan seperti yang didambakan masyarakat pada umumnya," ujarnya.Hatta Ali juga berjanji meningkatkan sumber daya manusia di MA. Sekaligus meningkatkan kualitas MA. "Selain itu yang perlu dijunjung tinggi adalah masalah integritas," ujarnya

tta menegaskan, dirinya ke depan tidak ingin mendengar ada hakim-hakim yang melakukan penyimpangan-penyimpangan yang memang tidak diperkenankan dalam kode etik dan pedoman perilaku hakim. "Integritas harus dijunjung tinggi," tegasnya.

 


Hatta Ali: Hakim Jangan Coba Main-main

 

Ketua Mahkamah Agung terpilih M. Hatta Ali tak menutupi masih banyak hakim yang berbuat menyimpang dalam menjalankan pekerjaannya. Hatta mengingatkan tindakan “nakal” sebaiknya tidak lagi dilakukan.

“Saya dari pengawasan. Setidak-tidaknya masalah pengawasan saya memahami secara mendalam. Hakim jangan coba bermain-main,” kata Hatta beberapa jam setelah memenangi pemilihan ketua Mahkamah Agung, Rabu, 8 Februari 2012.

Pria asal Sulawesi Selatan ini menjabat sebagai Ketua Muda Pengawasan Mahkamah Agung sebelum menjadi Ketua Mahkamah Agung. Pengalaman itu membuat pria berusia 62 tahun ini tahu tentang hakim-hakim yang sering “nakal”.

Hatta mulai bertugas menggantikan Harifin A. Tumpa yang akan pensiun 1 Maret mendatang. Ia bertekad membersihkan hakim nakal. “Namanya manusia tentu kami ingin mereka bersih,” katanya. “Tapi manusia tidak bisa kami jaga 24 jam.”

Hatta akan menyiapkan langkah antisipasi dengan meningkatkan pengawasan. Ia sudah mengagendakan untuk sosialisasi ke daerah-daerah setiap tiga bulan sekali. Sosialisasi itu, kata dia, untuk membahas kasus-kasus yang terjadi di MA agar tidak terulang, menyampaikan bentuk-bentuk pengawasan serta ancamannya.

Hatta mengatakan warga yang ingin mengadukan penyimpangan hakim bisa menyampaikannya ke meja informasi dan pengaduan yang rencananya disediakan mulai dari pengadilan tingkat pertama sampai tingkat MA. “Lebih maju lagi kami membuka SMS pengaduan,” ujar bapak dua putra itu.

Terkait dengan nasib hakim yang sedang menjalani proses hukum, Hatta tidak akan campur tangan. “Yang sekarang sudah ditangkap dan sudah melalui proses hukum kami serahkan pada mereka,” katanya.

Terakhir Diperbaharui (Rabu, 11 April 2012 11:13)

 

a.julkifli

Hakim dan Pegawai

  • JoomlaWorks Simple Image Rotator
  • JoomlaWorks Simple Image Rotator
  • JoomlaWorks Simple Image Rotator
  • JoomlaWorks Simple Image Rotator
  • JoomlaWorks Simple Image Rotator
  • JoomlaWorks Simple Image Rotator
  • JoomlaWorks Simple Image Rotator
  • JoomlaWorks Simple Image Rotator

Link

Dukungan Bahasa

English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Widget by : Joomla Tutorial