icon jadwalsidang      perkara diterima           perkara-diputus       keuangan perakra             infoperkara1

 

 

Selamat Datang Di Website Resmi Pengadilan Agama Batang, Media Informasi dan Transparansi Peradilan Agama, Telp: (0285) 391169 Batang, Email:pa.batang@yahoo.co.id, Kawasan Bebas Gratifikasi

thumbnail1

RAPAT KOORDINASI DAN EVALUASI AKHIR BULAN

Bertempat di ruang sidang 2 Pengadilan Agama Batang, digelar rapat Koordinasi dan  Evaluasi kinerja PA BATANG (30/03/2011). Dalam rapat tersebut dihadiri seluruh hakim, pejabat struktural dan fungsional serta seluruh pegawai/staf maupun tenaga kontrak(honorer). Rapat Koordinasi dan  evaluasi tersebut langsung dipimpin oleh Ketua Pengadilan Agama Batang (Drs. H. Syahidi, SH. MSI) dampingi oleh Wakil Ketua Drs.M NASIR,MSI serta Panitera/ Sekretaris Drs.H Mukhidin . Agenda rapat yang dipimpin Ketua Pengadilan Agama Batang (Drs. H. Syahidi, SH. MSI),  yang membahas tentang 1. Peningkatan pelayanan kepada  masyarakat pencari keadilan. 2. Tindak lanjut temuan Pengawasan Reguler dari Tim Pengawas Pengadilan Tinggi Agama Semarang. 3. Menjaga Kondusivitas Kantor. 4.  Menciptakan suasana kerja yang tenang dan nyaman. 5. Sampaikan kesulitan kepada atasan . 6. Pemberkasan dan minutasi.


 

Meski Rapat bersifat Formal akan tetapi, suasana yang diciptakan serta bahasa pembuka yang digunakan oleh Drs. H. Syahidi, SH. MSI. dengan gaya ngapaknya..... sehingga terkesan ramah dan  fmailiar..  . Selanjutnya  rapat ditambah dengan arahan  Wakil Ketua Pengadilan Agama Batang. yang memfokuskan pada bidang pengawasan secara umum. Dan sebelum diadakan Season Tanya Jawab Kepada Para Peserta Rapat dilanjutkan dengan  laporan Panitera/Sekretaris tentang pelaksanaan program dan kebijakan Ketua Pengadilan Agama Batang

dibidang kesekretariatan dan  kepaniteraan agar dapat meningkatkan profesionalitas serta pelayanan secara prima sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan. Tidak ketinggalan juga yang menjadi arahan Ketua Pengadilan Agama Batang adalah masalah keamanan dan ketertiban serta keindahan dalam rangka untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi seluruh pegawai serta para pihak pencari keadilan.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Pengadilan Agama Batang  juga memberikan penekanan kepada seluruh hakim agar dapat meningkatkan kinerja serta profesionalitas.

 

Tujuan rapat evaluasi ini adalah dalam rangka untuk memperbaiki  kinerja Pengadailan Agama Batang dengan  harapan ke depan Pengadilan Agama Batang  dapat memberikan Pelayanan yang Terbaik bagi Para Pencari Keadilan di Wilayah Kabupaten Batang.sebagai Penutup Diakhiri dengan Do'a bersama dipimpin Oleh Drs. H. Mutawali, SH . (team IT Pa Batang)

Terakhir Diperbaharui (Jumat, 01 April 2011 11:30)

 

KETUA PENGADILAN AGAMA BATANG

HADIRI HARI JADI KABUPATEN BATANG

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, bulan April, khususnya tanggal 8 April, merupakan momen yang istimewa bagi Kabupaten Batang. Demikian juga hari ini, Kamis, 8 April 2010, salah satu kabupaten di Pantura Jawa Tengah ini kembali memperingati Hari Jadi-nya. Peringatan Hari Jadi Kabupaten Batang tahun ini merupakan yang ke–44. Usia yang terbilang muda untuk sebuah daerah yang tengah berusaha keras mewujudkan visinya, Batang yang maju, mantap dan sejahtera.



Puncak peringatan hari jadi Kabupaten Batang ke 44, 8 April 2010, dilaksanakan dengan upacara bendera di Alun-alun Batang. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Wakil Bupati, Drs. H. Achfa Mahfudz, M.Si.
Bupati Batang, H. Bambang Bintoro, SE dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wabup Achfa Mahfudz mengharapkan agar peringatan hari jadi kali ini hendaknya bukan hanya dijadikan peringatan dan sekedar mengenang masa lalu. Namun, lebih dari itu digunakan untuk kembali mengevaluasi diri atas perwujudan visi dan misi Kabupaten Batang serta langkah-langkah yang telah kita lakukan selama ini. ”Bersama peringatan ini, tentunya teriring harapan semoga kematangan usia ini akan selaras dengan kemampuan membangun dan membawa peningkatan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Batang,”harap Bupati.


Ikut serta ketua semua instansi yang berada di wilyah kabupaten Batang, begitu juga dengan Drs. H.Syahidi, SH.MSI ikut serta menghadiri peringatan Hari Jadi Kota Batang.,dengan memakai pakaian adat ketua pengadilan Agama Batang ikut serta menghadiri acara tersebut .

dan diadakan pula acara Kirab Pusaka Pusaka inti yang dikirab adalah Pusaka Abirawa yaitu pusaka yang berbentuk tombak dengan panjang sekitar 6 (enam) meter yang merupakan pusaka peninggalan Kanjeng Sunan Raden Sayid Nur Rochmat yang lebih dikenal dengan nama Kanjeng Sunan Sendang. Beliau berasal dari desa Sendangduwur Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Sunan Sendang adalah Aulia/Wali pada jaman kasultanan Demak Bintoro di bawah Sultan Trenggono. Beliau menimba ilmu pada Sunan Drajat, oleh karena itu setelah Sunan Drajat wafat, beliau menggantikan kedudukannya sebagai Dewan Wali atau Wali Songo. Sunan Sendang lahir tahun 1520 M dan wafat 1585 M.


Semula Pusaka Abirawa berada di Masjid R. Nur Rochmat di Paciran Kabupaten Lamongan. Selanjutnya berada di Sedayu (Gresik), karena salah satu keturunannya ada yang menjadi Bupati di tempat itu. Selanjutnya dibawa keturunan Sajid Nur Rochmat yang berada di Pasuruan. Setelah itu terus mengikuti keturunannya yang berada di Wiradesa Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang. Di Batang, Pusaka Abirawa menjadi pusaka andalan Trah Sayid Nur Rochmat, yaitu:
1.       R.T Suroadiningrat I (Kanjeng Seda Rawuh);
2.       Pangeran Ario Suroadiningrat II;
3.       R.T.A Djayengrono IV;
4.       R. Adipati Ario Puspodiningrat I;
5.       R. Adipati Ario Puspodiningrat II;
6.       R. Tumenggung Notodiningrat;
7.       R. Adipati Ario Suryoadiningrat (Bupati Batang Tahun 1886 M–1912 M)

Selain Pusaka Abirawa, ada 7 pusaka lain  yang ikut dikirab, yaitu : Pusaka Karno Tanding, Keris Kyai Panji, Tombak Kyai Cepret, dan 4 tombak. Pusaka–pusaka tersebut merupakan peninggalan Pangeran Kyai Adipati Mandurorejo (Bupati Batang I), Kyai Tumenggung Bahurekso (Bupati Kendal), R.T . Pusponegoro I, Pangeran Diponegoro, R.T. Notodiningrat (Bupati Batang), R. Adipati Ario Suryodiningrat (Bupati Batang). Pembawa 8 pusaka inti tersebut adalah orang yang masih mempunyai trah Sayid Nur. Terdapat pula 20 pusaka pengiring yang dibawa oleh 20 orang yang berpakaian prajurit.

Sepanjang perjalanan Kirab Pusaka, Bapak Bupati Batang beserta Ibu menebarkan Udik-udik (uang logam yang dicampur dengan beras kuning) kepada masyarakat yang menyaksikan kirab tersebut. Turut diarak pula 2 buah gunungan yang terbuat dari hasil panen berupa buah-buahan dan palawija. Prosesi Kirab Pusaka berakhir di halaman Pendopo Kabupaten Batang, selanjutnya pusaka-pusaka disemayamkan dan 2 gunungan yang berisi hasil panen diperebutkan oleh masyarakat. Sebagai hiburan diadakan pentas kesenian daerah/tradisional.















 

D

Terakhir Diperbaharui (Senin, 25 Juli 2011 11:43)

 

JALAN SEHAT JUMAT PAGI

Pegawai  PA BATANG  yang setiap harinya bekerja dan bertanggung jawab terhadap pekerjaannya secara maksimal dan profesional, perlu diselaraskan dengan penyegaran baik fisik maupun pikiran. Dalam rangka memenuhi hal tersebut maka setiap jumat pagi diadakan acara olah raga bersama. Setiap jumat minggu pertama dan ketiga diisi dengan  Acara Jalan Sehat Sepanjang 10 KM . Sedang minggu kedua diisi dengan Kebersihan Kantor , dan minggu keempat diisi dengan permainan bila voli dan tenis meja. Acara olahraga setiap jumat pagi ini dimulai pk.07.00 WIB.

 

Untuk acara jalan sehat bersama, .Dimulai dari halaman depan  kantor, tepat pukul 07.00 acara jalan sehat pada pagi itu dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Batang (Drs. H. Syahidi. SH.MSI).

 

 

Udara pagi kota Batang yang masih segar dan melewati jalan-jalan yang banyak hijau daun pepohonan di kanan kiri sepanjang perjalanan, merupakan cara penyegaran yang efektif dan efisien bagi mata dan otak. Setelah empat hari dalam seminggu terus menerus berkutat dengan tugas pekerjaan, acara jalan sehat bersam ini, selain untuk refreshing pikiran dan mata juga untuk mempererat tali persaudaraan antar pegawai karena sambil jalan santai teman-teman bisa mengobrol bertukar kabar dan pikiran.

 

Setelah kurang lebih 50 menit perjalanan, sampailah kembali rombongan di halaman Pengadilan Agama Batang, disambut dengan sarapan sederhana dari dan untuk pegawai. Usai menyantap sarapan bersama, teman-teman Pengadilan Agama Batang siap kembali menjalankan tugas dan tanggung jawabnya pada hari itu, dengan semangat baru dan pikiran serta fisik yang lebih fresh..

Terakhir Diperbaharui (Jumat, 25 Maret 2011 16:04)

 

KUISIONER PARA PENCARI KEADILAN

UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PELAYANAN PENGADILAN AGAMA BATANG

Kuisioner ini digagas oleh Ketua Pengadilan Agama Batang (Drs. Syahidi, SH.MSi) tujuan dari kuisioner ini adalah untuk meningkatkan kinerja pelayanan PA Batang. kusioner ini dipasang pada ruang pendaftaran. sehingga para pencari keadilan tinggal mengisinya dengan memberi tanda Check list (√). pada kolom pilihan sangat setuju, setuju, sangat tidak setuju, tidak setuju

contoh kuisioner

Terakhir Diperbaharui (Senin, 14 Februari 2011 09:53)

 
Artikel yang lain...

a.julkifli

Hakim dan Pegawai

  • JoomlaWorks Simple Image Rotator
  • JoomlaWorks Simple Image Rotator
  • JoomlaWorks Simple Image Rotator
  • JoomlaWorks Simple Image Rotator
  • JoomlaWorks Simple Image Rotator
  • JoomlaWorks Simple Image Rotator
  • JoomlaWorks Simple Image Rotator
  • JoomlaWorks Simple Image Rotator

Link

Untitled

Dukungan Bahasa

English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Widget by : Joomla Tutorial